6/05/2014

INILAH MANFAAT DAN KHASIAT SUSU KACANG KEDELAI

Inilah Manfaat dan Khasiat Susu Kacang Kedelai – Sudah tahukan dengan yang namanya kedelai, selain digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan tahu atau pun tempe. Saat ini kedelai juga bisa dijadikan sebagai susu yang pada akhirnya diberi nama dengan susu kacang kedelai. Dengan manfaat dan khasiatnya yang luar biasa sekarang ini telah banyak produsen-produsen yang menciptakan susu kacang kedelai dalam bentuk instant sehingga hal ini dapat mempermudah anda yang ingin mendapatkan susu kacang kedelai tanpa harus kesulitan dalam proses pembuatannya.
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa susu kacang kedelai buatan sendiri memang lebih unggul dari segi khasiatnya dikarenakan tidak menggunakan bahan pengawet. Hal ini berbeda dengan susu kacang kedelai instant yang kebanyakan telah menggunakan bahan pengawet, hal tersebut bisa kita lihat karena susu kacang kedelai instant bisa bertahan dalam beberapa bulan bahkan ada yang sampai beberapa tahun.
Susu kacang kedelai tentu berbeda dengan susu sapi meskipun susu kacang kedelai kalah populer dengan susu sapi, namun hal itu tidak mengurangi sedikitpun akan khasiat dan manfaat yang dimiliki oleh susu kaceng kedelai. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat dan khasiat susu kacang kedelai yang rupanya hanya sedikit orang saja yang telah mengetahuinya.
1) Menurunkan Kadar Kolesterol
Berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak jenuh, kandungan lemak yang ada didalam susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan non kolesterol pula. Asam lemak tak jenuh tunggak dan tak jenuh ganda dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan kedelai yang rutin secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
2) Mencegah Kanker Prostat
Susu kedelai kaya akan phytoestrogen, sebuah hormon tanaman yang bisa menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Kadar testosteron yang berkurang secara signifikan bisa mengurangi risiko untuk menderita kanker prostat. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pria yang rajin mengonsumsi kedelai secara rutin lebih kecil mengalami kanker prostat.
3) Mencegah Osteoporosis
Tidak hanya susu sapi yang bisa menurunkan risiko osteoporosis, susu kedelai pun bisa memberi manfaat yang sama. Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai bisa membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan juga mencegah hilangnya massa tulang. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, pastikan Anda membeli susu kedelai yang mengandung vitamin D.
4) Sumber Protein
Susu kedelai merupakan sumber protein yang jumlahnya hampir sama dengan susu sapi. Susu kedelai juga mengandung protein nabati yang dapat mencegah kerapuhan tulang belakang alias osteoprosis. Anda dapat mengkonsumsi susu kedelai setiap hari tanpa perlu khawatir ancaman osteoporosis.
5) Susu Kedelai Baik Untuk Jantung
Susu kedelai sangat baik bagi kesehatan jantung karena jumlah lemak jenuh pada susu kedelai sangatlah sedikit. Lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol “buruk” (LDL) serta bisa meningkatkan risiko jantung. Susu kedelai mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. selain itu, susu kedelai tidak mengandung kolesterol, sehingga aman bagi anda yang takut gemuk.
6) Mencegah Diabetes Melitus
Diabetes Melitus muncul karena tubuh kekurangan Insulin; yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Susu kedelai yang mengandungAsam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin mampu menjaga keseimbangan Hormon Insulin. Selain itu, protein dalam susu kedelai lebih mudah diterima organ ginjal dibandingkan dengan protein hewani. Karena itu Susu Kedelai baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes Melitus.
7) Minuman Anti Kanker
Apakah anda pernah mendengar atau melihat iklan susu yang mampu mencegah kanker? Susu tersebut adalah Soymilk alias Susu Kedelai. Karena Susu Kedelai merupakan salah satu minuman kesehatan sumber mineral, selenium, Vitamin E, Isoflavon, dan Asam Amino Triptopan. Untuk mengatasi paparan radikal bebas pemicu, kanker diperlukan zat atau senyawa yang berfungsi sebagai anti-oksidan . Selain Selenium, anti-oksidan pada Susu Kedelai adalah Vitamin E danGenistein, yang secara sinergis mampu menghalau kanker.
Selain manfaatnya yang luar biasa, tahukah anda bahwa susu kedelai juga memiliki harga yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan susu sapi. Oleh karena itu, mulai dari sekarang rajin-rajinlah untuk minum susu, namun perlu diingat minuman yang baik akan tidak baik kalau kita berlebihan dalam mengkonsumsinya. Yuk, baca artikel kami lainnya tentang obat jantung koroner !
Sumber :http://tokoobatjantungkoroner.wordpress.com/2014/01/12/inilah-manfaat-dan-khasiat-susu-kacang-kedelai/

No comments: